Korban Gempa Donggala Palu, Menhub Memimpin Pemakaman Anthonius Gunawan di Taman Makam Pahlawan

Korban Gempa Donggala Palu, Menhub Memimpin Pemakaman Anthonius Gunawan di Taman Makam Pahlawan

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam proses pemakaman almarhum Anthonius Gunawan Agung (21), di Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang, Makassar, Minggu 11 November 2018.

Agung adalah petugas dari Air Traffic Controller (ATC) AirNav Indonesia Cabang Palu, yang gugur pada saat melaksanakan tugasnya ketika gempa sebesar 7,4 SR yang mengguncang Donggala dan Palau pada akhir september lalu.

Almarhum Agung mendapatkan penghormatan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional melalui Surat dari Menteri Sekretaris Negara. Selain itu, Agung juga mendapatkan penghargaan Adikarya Dirgantara Pralabda dari Menteri Perhubungan.

Pemakaman di TMP itu disarankan langsung oleh Menteri Perhubungan. Setelah sebelumnya, mendapatkan restum dari keluarga Almarhum Agung, terutama kedua orang tuanya.

“Tepat satu hari setelah kita memperingati Hari Pahlawan, hari ini kita bersama-sama mengantarkan salah satu pahlawan penerbangan yang gugur saat mengabdikan diri dalam memastikan keselamatan penerbangan,” ujar Menhub Budi di lokasi pemakaman dikutip dalam keterangan resmi AirNav Indonesia, Minggu 11 November 2018.

Menurut Budi, kisah Agung bukan hanya menginspirasi nusantara, melainkan dunia internasional turut berbela sungkawa. Budi pun mengatakan bahwa kisah Agung harus menjadi pelecut bagi sektor penerbangan nasional untuk terus berkembang dan menjadikan keselamatan sebagai pondasi utama.

“Seluruh stakeholder penerbangan nasional semestinya menjadikan kisah agung sebagai sumber semangat baru dalam menjaga keselamatan penerbangan di ruang udara Indonesia,” katanya.

Comments

Popular posts from this blog

HIJUP Menargetkan untuk Membuka Toko Offline di Seluruh Indonesia

Perjuangan Bung Hatta di Masa Lalu, Pahlawan Penolak Kapitalisme di Indonesia